Viral, Ramai Warga Berburu Emas di Pantai Maluku


Material emas bercampur pasir ditemukan di pesisir pantai Pohon Batu, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Maluku. Hal itu, membuat para warga sekitar berbondong mendulang emas di lokasi tersebut.

Adapun material emas ini ditemukan secara tidak sengaja oleh Syarifah Arey dan kedua kakaknya. Saat itu, mereka iseng mendulang pasir di Pantai Pohon Batu, namun malah menemukan material emas.

"Saat itu saya sama kakak sedang dulang pasir, namun di dalam pasir ada biji emas," kata Syarifah saat dihubungi, Selasa (23/3) seperti dikutip CNN Indonesia.

Syarifa pun menceritakan penemuan emas tersebut kepada warga sekitar rumah. Warga yang mendengar langsung bergegas dan berbondong ke tepi pantai.

Dengan peralatan seadanya, warga mengais dan mencari material yang mengandung emas di sekitar pesisir pantai tersebut.

Syarifah mengaku tak menyangka kabar penemuan butiran emas pada Sabtu pekan lalu itu sempat viral. Para warga pun memadati pesisir pantai dengan membawa alat tradisional untuk mendulang emas.

Hingga saat ini, lokasi penambangan emas di pesisir pantai Maluku Tengah itu masih ramai dipadati warga yang mencoba peruntungan dari pendulangan di sana.

Sementara itu, warga Tamilouw, Latif Selanno, mengatakan temuan emas bukan hal baru wilayah itu. Dia mengaku pada 2019 mendapat sekitar 100 gram emas. Bukan hanya di pesisir pantai, ada juga di sejumlah kali di Tamilouw.

"Tidak (bukan hal yang baru), saya sendiri pernah 100 gram pada 2019. Itu sendiri, belum yang (orang) lain-lain, karena baru di-posting(jadi heboh) sebenarnya sudah lama dan tidak heboh. Yang penting rajin dapat 1 gram atau 2 gram per hari. Semua kali ada itu, di pantai ada, di kali ada di Desa Tamilouw," kata Latif Selanno.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel