Kisah Nenek Rusinah Jual Air Mineral di Pinggir Jalan, Usianya 90 Tahun


Sebuah video yang menunjukkan perjuangan seorang nenek usia 90 tahun berjualan air mineral kemasan di pinggir jalan belakangan viral di media sosial.

Lansia perempuan bernama Rusinah itu tetap semangat berjualan air mineral demi menyambung hidup, meski usia dan tubuhnya yang renta, serta keuntungan yang didapat tak seberapa.

Perjuangan nenek Rusinah membuat warganet terenyuh usai kisahnya dibagikan oleh seorang pengguna TikTok dengan akun @auliyafadilah98 belum lama ini.

"Guys jadi aku ketemu nenek berjualan air minum namanya nenek Rusinah usianya 90 tahun," tulis @auliyafadilah98 dikutip SuaraJawaTengah.id, Kamis (4/2/2021).

Nenek Rusinah setiap hari berjualan di kawasan Halte Harmoni, Jakarta Pusat. Beralaskan seadanya, ia menggelar lapaknya di atas trotoar.

Dalam video tersebut, nampak Nenek Rusinah terduduk di trotoar. Di depannya tersaji sebuah kontainer berisi sejumlah air mineral kemasan yang menunggu untuk dibeli oleh pejalan kaki yang melintas.

Ia juga menempatkan beberapa es batu di kontainer untuk membuat air mineral jualannya dingin.

Disebutkan Auliya, nenek ini melalui jarak yang jauh untuk bisa sampai di tempatnya berjualan. Setiap hari ia harus naik angkutan umum.

Karena tubuhnya yang telah renta dan kesulitan untuk berjalan, Nenek Rusinah butuh bantuan orang lain agar bisa sampai ke tempatnya membuka lapak.

"Dengan jarak rumah nenek yang sangat jauh, setiap hari nenek pulang pergi haru naik angkutan umum itu pun nenek selalu meminta pertolongan dari orang sekitarnya karena usai yang sudah tidak lagi muda, nenek susah kesulitan berjalan," tulis Auliya dalam video.

Di tengah keterbatasan yang ada, Nenek Rusinah berusaha untuk terus berjualan demi bertahan hidup.

"Nenek harus tetap berjualan untuk bertahan hidup, penghasilan berjualan aqua pun tidak bisa dipastikan perhari hanya bisa terhitung beberapa botol yang laku," katanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel