Ini Amalan Kiai di Sampang yang Jasadnya Utuh Setelah 3 Tahun Dikubur


Jasad Kiai Baidowi di Sampang diketahui masih utuh meski sudah 3 tahun dikebumikan. Seperti apa amalan sang kiai semasa hidup?

Dalam beberapa hari terakhir, warga Dusun Banbalang, Desa Batoporo Barat, Kecamatan Kedungdung, Kabupaten Sampang, Madura dibuat kagum pada almarhum KH Ahmad Baidowi. Jasad Kiai Baidowi diketahui masih utuh usai anaknya, KH Sufyan Ahmad menemukan makam tersebut ambruk akibat guyuran hujan deras pada Senin (23/11).

Kepada detikcom, Kiai Sufyan menceritakan bahwa orang tuanya bukanlah kiai besar. Kiai Baidowi dikenal sebagai kiai yang senantiasa memberikan ajaran agama di kampungnya.

"Orang tua saya biasa-biasa saja. Cuma dalam kesehariannya bergaul dengan masyarakat. Biasanya orang tua saya setiap hari dan malam bermasyarakat mengajari orang mengaji, ngajar agama dan apa yang dibutuhkan masyarakat," kata Kiai Sufyan saat dihubungi detikcom, Jumat (27/11/2020).

Kiai Sufyan menyebut, orang tuanya merupakan sosok yang senantiasa ikhlas dan jujur dalam mengajarkan agama Islam pada masyarakat. Abahnya juga tidak pernah pamrih dalam berjuang menegakkan agama.

"Kalau kiai kampung yang jelas bermasyarakat, perjuangannya tidak pernah pamrih, baik itu perjuangan di masyarakat tidak menoleh ke kanan dan ke kiri. Beliau ikhlas sampai para kiai-kiai NU dan ormas lain mengirim pesan ke saya, mendoakan semoga perjuangan beliau yang jujur, ikhlas dan tanpa pamrih semoga diterima Allah," imbuhnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel