Kebangetan, 3 Petani Ini Harus Jalani Proses Hukum Setelah Tebang Pohon Sendiri

Sudah menjadi hal wajar dimana mereka yang menanam tanaman akan memetik hasilnya di masa mendatang, atau mungkin karena mengganggu dan sudah besar, menebang pohon tersebut agar lahan bisa digunakan untuk kebutuhan lain.

Selama itu dilakukan di tanahnya sendiri atau mungkin sudah mendapatkan izin daripada yang punya, itu tidaklah masalah. Namun, tiga pria berikut bernasib apes, karena setelah tebang pohon sendiri malah harus menempuh jalur hukum.

Tiga orang petani Ale Sewo, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan, resmi disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Watansoppeng pada Selasa, (29/9/2020).

Kuasa Hukum petani, Ady Anugrah Pratama, SH mengatakan bahwa ketiganya dikriminalisasi dengan tuduhan menebang pohon dalam kawasan hutan tanpa izin pejabat berwenang.

Ketiga petani tersebut adalah Natu, Aryo Permadi, dan Sabang. Mereka berkeluarga dekat. Natu adalah orang tua dari Aryo Permadi. Sedangkan Sabang adalah ipar dari Natu.

Ridwan, SH yang juga pengacara LBH Makassar ini menyebutkan bahwa di lokasi itu juga, Natu menanam jahe, lengkuas, kemiri, dan pangi. Kebun tersebut sudah ia kuasai secara turun temurun dari keluarganya.

“Setiap tahunnya Natu membayar pajak atas tanah tersebut. Natu kaget, tiba-tiba ia dipanggil Polisi karena menebang Jati yang ia tanam sendiri,” terangnya.

Sumber : https://www.liputan.news/2020/09/kebangetan-3-petani-ini-harus-jalani.html?m=1&fbclid=IwAR0VcTNPMofYAt7AsM69LCnUXaDYxXcLX4vJ_Z5L9wqo_DsFW4qSqtSjknY

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel