Bukan dari China, Ini Cerita Pemotretan Baju Adat Kaltara di Uang Rp 75.000


Jakarta - Beredar narasi yang menyebut salah seorang dalam uang baru pecahan Rp 75.000 memakai baju adat China. Namun, dipastikan bahwa baju adat itu adalah baju adat Tidung, Kalimantan Utara (Kaltara). Begini cerita di balik foto baju adat itu bisa tampil di Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia.

Sahabat Pandu Kalimantan Utara, Prayoga Bayu, menceritakan bahwa anak berbaju adat Tidung dari Kaltara yang tampil di uang Rp 75.000 itu merupakan anak SD 041 Tarakan. Sahabat Pandu adalah organisasi yang bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam memperkenal budaya lokal.

"Peruri sendiri yang foto ke Tarakan, Kalimantan Utara, dan modelnya anak SD 041 Tarakan," ujar Prayoga saat dihubungi detikcom, Selasa (18/8/2020).


Pemotretan berlangsung pada 2019. Anak tersebut difoto di depan rumah adat Tidung.

"Itu tahun 2019 dan fotonya langsung di Kota Tarakan, di halaman baloy adat Tidung, rumah adat Tidung di Kalimantan utara," ungkapnya.

Selain itu, dia menjelaskan bahwa baju adat Tidung yang dipakai anak itu merupakan baju adat asli Kalimantan Utara. Bahkan, lanjutnya, baju itu kini menjadi baju adat Provinsi Kalimantan Utara.

"Itu baju adat asli Kalimantan utara. Baju adat Tidung dari Suku Tidung. Sekarang jadi baju adat Provinsi Kalimantan Utara," tuturnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel