Unik, Akad Nikah Gunakan Tali Rafia dan Panitianya Tim Satuan Tugas Covid-19


JOMBANG - Antisipasi penularan virus corona, sepasang pengantin di Kabupaten Jombang, Jawa Timur terpaksa melangsungkan akad nikah dengan menggunakan tali rafia.

Berbeda dengan pernikahan pada umumnya, pernikahan pasangan pengantin Edi Suliyanto dan Husnia Melliwati ini tergolong unik karena akad nikahnya dilakukan dengan menggunakan tali rafia.
Mereka melangsungkan pernikahan di rumah mempelai wanita di Desa Pulogedang, Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Sabtu (25/7/2020).

Bagaimana caranya? Agar tidak bersentuhan secara langsung, ujung tali dipegang oleh mempelai pria sementara ujung tali satunya dipegang oleh penghulu untuk memberi kode saat mempelai pria harus mengucapkan ijab qobul.

Begitu akad selesai diucapkan, penghulu langsung menarik tali rafia dan dilanjutkan dengan mempelai pria menjawab ijab qobul dari penghulu.

Nikah unik tali

di Suliyanto, sang pengantin mengaku senang dan lega karena di masa pandemi ini ia akhirnya bisa melangsungkan pernikahan dengan kekasihnya.

“Awalnya saya sempat khawatir pernikahannya akan dilarang oleh petugas dan ditunda. Namun dengan mematuhi protokol kesehatan lengkap pernikahannya akhirnya dapat dilangsungkan,” tutur Edi senang.

Tak hanya saat menggunakan tali rafia saja, keunikan pernikahan edi juga tampak dari panitia pernikahan tersebut. Karena yang menjadi panitia kali ini adalah satuan gugus tugas covid-19 dari kantor desa tempat mereka tinggal.

Di depan tenda pernikahan, panitia menjaga ketat seluruh tamu yang datang dengan mengatur jarak, mewajibkan mencuci tangan, harus diperiksa suhu badannya serta tempat duduk tamu hingga kursi pelaminan berkali-kali disemprot dengan cairan disinfektan.

Dengan penerapan standart protokol covid-19 ini, kepala desa pulogedang berharap seluruh tamu maupun penyelenggara pernikahan selamat dan tidak ada yang tertular virus corona.

Sumber : https://news.okezone.com/read/2020/07/25/519/2251977/unik-akad-nikah-gunakan-tali-rafia-dan-panitianya-tim-satuan-tugas-covid-19

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel