Ini 6 Mantan Menteri yang Diminta Kembali Masuk ke Kabinet Jokowi


Desas-desus reshuffle kabinet jajaran menteri dari Presiden Jokowi menuai sorotan publik. Dari hal ini, muncul nama-nama tokoh eks menteri yang diminta kembali ke Kabinet.

Lembaga Survei Indonesia Political Opinion (IPO) mengumumkan salah satu hasil surveinya dengan fokus pertanyaan sosok yang ideal untuk masuk dalam jajaran Kabinet Indonesia Maju, jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan reshuffle.

Dari jawaban responden, siapa saja nama-nama yang muncul? Berikut hasilnya.

1. Susi Pudjiastuti

Eks Menteri Kelautan dan Perikanan ini mendapat suara sebanyak 37,2 persen. Dibandingkan nama lain, nama Susi Pudjiastuti menjadi yang paling banyak digaungkan.

Pesona mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti ternyata belum memudar meski ia tak lagi menjabat. Terbukti, ketika kasus dugaan eksploitasi ABK Indonesia di kapal China mencuat, Susi Pudjiastuti yang masih dicari warganet.

Prestasi Susi Pudjiastuti selama menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan yakni sudah menenggelamkan 488 kapal asing di perairan Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Kelautan dan Perikanan, produksi perikanan tangkap meningkat dari 6.424.114 ton pada 2017 menjadi 6.716.050 ton pada 2018.

2. Arief Yahya 

Sebagai mantan Menteri Pariwisata, Arief Yahya mendapat suara sebanyak 32,2 persen.

Selama menjadi Menteri Pariwisata, berbagai prestasi di raih Kementerian Pariwisata hingga akhirnya pariwisata menjadi tiga besar penyumbang devisa negara.  

Industri pariwisata juga ditetapkan sebagai core economy oleh Presiden.

3. Dahlan Iskan

Pada kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Dahlan Iskan ditunjuk untuk menjadi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada Oktober 2011. Dahlan Iskan menjabat sebagai Menteri BUMN sampai tahun 2014.

Masuk ke dalam tiga teratas survei IPO, Dahlan Iskan mendapat suara sebanyak 31,4 persen.

4. Rizal Ramli

Rizal Ramli saat menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman sempat mengajukan kerjasama dengan Google terkait balon internet untuk nelayan, Maret 2016.

Menjabat selama setahun, Rizal Ramli mendapat suara sebanyak 28,8 persen.

5. Ignasius Jonan

Saat menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Iganasius Jonan resmi mencabut izin pertambangan emas di Blok Silo, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Hal itu sangat diapresiasi Bupati Jember, A. Muqit Arief karena tidak ada lagi kegiatan eksplorasi maupun eksploitasi pertambangan emas di wilayah tersebut.

Ignasius Jonan mendapat suara sebanyak 27,1 persen responden

6. Sandiaga Uno

Sandiaga pernah dinobatkan menjadi 122 orang terkaya di Indonesia versi majalah Asia Globe dengan total aset perusahaan mencapai 80 juta Dollar AS.  

Ia melepaskan berbagai jabatan di beberapa perusahaan karena ingin fokus pada tugasnya sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yang dipimpin oleh Prabowo Subianto.

Mantan Cawapres Sandiaga Uno mendapat suara responden 25 persen.

Itulah nama-nama eks Menteri yang diminta kembali ke kabinet berdasarkan survei IPO.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel